Hari santri nasional adalah hari spesial untuk Warga Nahdliyin. Dalam rangka memperingati hari tersebut banyak warga Nahdlatul ulama yang memperingatinya dengan mengadakan berbagai macam kegiatan.

Kejadian yang melatarbelakangi adanya hari santri nasional adalah Fatwa Resolusi Jihad 22 Oktober 1945 yang di keluarkan oleh hadrotusy Syaikh KH. Muhammad Hasyim Asy’ary. Resolusi jihad adalah kejadian penting yang menjadi penyemangat para santri dalam berjuang membela Tanah air dari Penjajah pada waktu perang Kemerdekaan tahun 1945 dan akhirnya meletuslah perang heroik 10 November 1945 di surabaya yang sering di identikkan dengan Dr. Soetomo (Bung Tomo) yang juga merupakan putra daerah Nganjuk yang monumennya ada di desa Ngepeh Kecamatan Loceret.

Dalam rangka mempersiapkan peringatan tersebut yaitu hari santri nasional MWC NU Ngronggot bersama Badan Otonom NU Kecamatan Ngronggot mengadakan musyawarah / rapat bersama yang di hadiri oleh pengurus Harian MWC NU Ngronggot, Ketua Lembaga dan Ketua BANOM NU PAC Ngronggot diantaranya MUSLIMAT, FATAYAT, ANSOR, IPNU IPPNU. Dalam rapat tersebut di bahas tentang kepanitiaan dan kegiatan yang akan dilaksanakan.

Sebelum acara inti rapat persiapan peringatan hari santri dilaksanakan ada sambutan dari Ketua Tanfidziyah MWC NU Ngronggot H. Muhib, M.Pd.I beliau mengatakan Hari santri tahun ini akan kita laksanakan bertepatan dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Selian itu

Kata ketua MWC NU Ngronggot H. Muhib ” Hari Santri tahun ini kita sekaligus bertepatan dengan maulid nabi Muhammad SAW jadi juga peringatan Maulid Nabi
, Selain itu beliau H. Muhib juga mengatakan bahwa acara puncak Hari Santri Nasional dilaksanakan pada hari Jum’at malam sabtu tanggal 22 Oktober 2021 jadi ranting kalau ingin mengadakan kegiatan tolong selain hari tersebut supaya kegiatan di MWC bisa maksimal.

Penyusunan panitia Hari Santri dilakukan dengan polling dari peserta rapat yaitu siapa yang belum pernah jadi ketua panitia kegiatan di MWC. Lalu terpilihlah Kyai M. Mahrus Thohir sebagai ketua Panitia Hari Santri Nasional MWC NU Ngronggot tahun 2021.

Setelah terbentuk kepanitiaan, rapat langsung di pimpin oleh Ketua Panitia terpilih yaitu Kyai M. Mahrus Thohir. Mengawali Rapat tersebut di dilakukan pendataan Lomba dan kegiatan yang diadakan oleh lembaga dan BANOM. Lembaga dan BANOM yang sudah fix mengadakan kegiatan adalah LP Ma’arif mengadakan lomba mars Syubbanul Wathon dan Hari Santri tingkat SD/MI/MTs/SMP/MA/SMA/SMK, LESBUMI mengadakan Penampilan ISHARI dan Banjari, IPNU IPPNU mengadakan Istighotsah dan Upacara. Dalam rapat tersebut juga di rancang kegiatan yang memang sudah dilaksanakan rutin setiap tahun untuk memperingati Hari Santri Nasional oleh MWC NU Ngronggot yaitu tasyakuran Istighotsah di kantor MWC NU Ngronggot yang di hadiri oleh Ranting – Ranting NU Se-Kecamatan Ngronggot dan BANOM PAC Ngronggot serta Lembaga NU tingkat MWC Ngronggot.

Dikarenakan PPKM belum diketahui kapan berakhirnya meskipun sekarang sudah semakin mereda tetapi Wilayah Jawa timur masih berada pada zona kuning jadi ada satu acara yang memerlukan komunikasi yang intens dengan SATGAS Kecamatan Ngronggot yaitu antara kegiatan kirab dan Upacara.

“kita usahakan kegiatan kirab bisa di ijinkan karena untuk syiar lebih maksimal dengan kirab” kata Kyai Mahrus Ketua panitia HSN 2021 MWC Ngronggot.

Akhirnya diputuskan akan diadakan rapat lanjutan setelah koordinasi dengan SATGAS Kecamatan Ngronggot.

Untuk semua Ranting – Ranting se-kecamatan Ngronggot di himbau untuk memasang banner ucapan hari santri seperti tahun tahun sebelumnya ditempat yang strategis di ranting di sertai Umbul umbul di dekat banner ucapan.

“Sudah setiap tahun kita memperingati hari santri, karena sepertinya yang menjadi inisiator peringatan hari santri adalah NU” kata H. Muhib ketua Tanfidziyah MWC NU Ngronggot.

Semoga kegiatan peringatan Hari Santri Nasional tahun 2021 dapat berjalan dengan lancar dan mambawa keberkahan. Amin

fotografer : ibnu

editor : Nuzal

By mwcnu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *